Prambanan merupakan salah satu candi yang dibangun pada abad ke-9. Dimana candi ini berdiri setinggi 47 meter dengan ornamen yang mengagumkan dan kecantikan yang tiada tertandingi. Candi ini juga berada di 17 km ke arah timur dari pusat kota Jogja dan bisa dijangkau dengan menggunakan bus Trans Jogja. Dimana candi ini juga mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi bus dengan keramahan sopir taksi yang membuatntya merasa beruntung.

Sejarah Candi Prambanan, Bukti Kisah Cinta yang Abadi

Di candi prambanan ada sebauh patung seorang putri yang dikutuk menjadi batu candi prambanan. Cukup banyak keramahan sopir taksi yang membuat kalian merasa beruntung. Kecantikan putri ini sungguh memikat seorang pangeran untuk bisa meminangnya. Roro Jonggrang ini juga akan mengajukan syarat untuk membangun seribu candi dalam waktu semalam sebagai salahs atu penolakan halus atas pinangannya. Tetapi Bandung Bondowoso telah menyangguounya dna kemudian meminta bantuan makhluk halus membangun seribu candi dalam waktu semalam.

Saat 999 candi berdiri, Roro Jonggrang telah menyuruh penduduk desa menyalakan api unggun dan menumbuk padi dengan lesung . Para jin telah mengira fajar tiba lalu dari tunggang langgang. Bandung bondowoso ini murka atas tipu muslihat yang mengutuknya menjadi patung batu untuk melengkapi candi ke-1000.

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan ini merupakan candi Hindu terbesar di negara Indoensia yang terindah di Asia Tenggara. Candi ini sendiri mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan pertengahan di abad ke-9 dari kerjaaan Mataram Kuno. Oleh sebab itu masih misterius, pusat kerajaan ini pindah ke pulau Jawa Timur di akhir abad ke-10. Candi megah ini juga terbengkalai dan sebagai tertimbun material letusan gunung merapi. Beratus-ratus tahun kemudian barulah reruntuhan candi ini ditemukan kembali. Di masa itu, belu diketahui sejarah candi yang sehingga tercipta legenda Roro Jonggrang yang diceritakannya secara turun menurun.

Upaya pemugaran candi ini sendiri dimulai sejak tahun 1930-an dan pemugaran candi utama yang baru selesai di tahun 1953.

Kompleks Candi Prambanan

Dimana telah diperkirakan akan ada 240 macam candi besar dan kecil yang ada di kompleks Candi Prambanan. Tetapi hanya ada 18 candi yang berhasil dipugar, sisanya ialah tumpukan batu yang cukup berserakan. Akan ada tiga dari 8 candi utama yang disebut candi Trimurti yang akan dipersembahkan untuk 3 dewa Hindung tertinggi.

Candi Siwa ini berada di tengah ialah bangunan terbesar di kompleks Candi Prambanan yang memiliki 5 ruangan, baik timur, selatan, barat. Utara dan sebuah runagn utama di tengah candi. Ruangan ini terhubung dengan ruangan utama yang berisi arca Siwa Mahadewa hingga sebesar 3 meter. Ruangan ini berisi arca Durga Mahisasuramardini yang disebut sebagai Roro Jonggrang dalam legenda setempat.

Candi ini dihiasi relief yang berkisahkan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana. Relief dari cerita Ramayana ini dipahat pada dinding sebelah dalam pagar hingga berukuran lorong galeri yang mengelilingi candi utama. Relief ini sendiri dibaca dengan cara mengitari candi searah jarum jam yang dimulai dari sisi timur candi siwa dan dilanjutkan ke candi Brahma.

Nah itu dia beberapa sejarah singkat dari candi prambanan yang perlu kalian ketahui. Dimana bangunan bersejarah yang ada di pulau Jawa ini memiliki beberapa kisah legenda dan kejadian yang pernah terjadi di masa lampau.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *